me..

me..
thinking

welcome in my blog

mikhaelrangkang.wen.ru/a/1_attack.gifWELCOME IN MY BLOG


Silahkan cari blog disini okay...

Laman

Senin, 18 April 2011

my office yang mati suri...!!



wah,, unit lagi-lagi stop nih....!!
kejadian awalnya 10 menit sebelum jam terbang regu kami masuk...!!
ya,,, tepatnya tanggal 10 April minggu lalu!!
ketika kami masuk shift malam...!!


begini lajur cerita, tempat dan kejadian.....!!

malam itu ketika kami semua hendak berangkat dari keramasan menuju indralaya,,,
tiba-tiba hujan turun,,,
bersamaan dengan petir yang menggelegar...
kilat yang bersahut-sahutan,,,
serta angin yang mendorong laju dedaunan sepanjang perjalanan...!!


malam itu memang sudah terjadwal bahwa PLTG 1.2 akan stop normal pada pukul 00.00,,
jadi kami sudah mempersiapkan segala sesuatu hal yang harus diperhitungkan,,,
baik ilmu maupun mental,,,


mobil terus melaju kencang,,,
rintikan air terus berjatuhan dengan begitu derasnya,,,
selama perjalananpun, tak helaknya sang driver memainkan beberapa buah lagu yang mampu menghipnotis beberapa pesonil tertidur pulas,,
tidak termasuk saya,,,
lagu-lagu itu menghipnotis bibirku untuk mengikuti alur kata-katanya untuk disenandungkan!!


45 menit perjalanan ditempuh dengan cuaca yang dinginnya sampai ke ubun-ubun,,,
tibalah kami semua di komplek PLTGU Indralaya tercinta ini,,,
betapa terkejutnya kami,,,,
tempat yang biasanya megah berkilauan dengan lampu-lampu yang benderang,,
serta uap yang mengepul deras,,,
kini tak tampak dimata kami....


ada apa dengan semua ini???
perihal apa yang terjadi??


♣♠♣♠♣♠♣♠♣♠♣♠♣♠


ketika kami memasuki ruang DCS ,,
wajah-wajah panik penuh keseriusan membanjiri selokal itu,,,
bau-bau anyir bekas terbakar jelas tergambar di hidung kami semua....

apa?? apa yang sebenarnya terjadi??
ketiga unit trip secara bersamaan,,,,
GT 1.1 kemudian terbangkit kembali dengan cepatnya,,,
GT 1.2 yang semula terjadwal stop normal,, dibiarkan stop saja!!
how about ST 1.0????
kenapa tidak dibangkitkan kembali...


ternyata ********
(
bagian ini dilewatkan karena termasuk rahasia perusahaan... )

ya,,, ada problem pada transformator 60 MVA,,,
wah... kalo udah berurusan pada trafo,,, ST 1.0 bakalan mati suri paling cepat 1 minggu lebih...!!
paling cepat aja segitu,, bagaimana lamanya???


yah gak apa-apa sih,,,
mungkin mesin-mesinnya memang butuh di istirahatkan..!!
mesin kan juga manusia,,,,
eh,,, maksudnya mesin juga seperti manusia,,
yang sewaktu-waktu bisa sakit & butuh istirahat...


selama proses stop sampai benar-benar dingin,,
banyak hal-hal yang harus dikerjakan dibandingkan pada saat beroperasi normal...
apa saja yang harus dikerjakan??
ayo ikuti kegiatan saya,,, jangan ganti-ganti chanel televisi anda....
halah,,, dah kayak opera sabun saja...!!


mulai dari menutup CBD jam 00.00,,
tengah malam,, dalam keadaan gelap gulita,, tanpa ada bantuan lampu,,,
hanya menggunakan sinar rembulan..!!
ditemani hujan yang tidak begitu deras,, namun membasahkan...!!
sendiri ku lakukan dengan menaiki tangga 8 tingkat itu!!


jantung berdegup dag dig dug,,,
sebenarnya yang kutakutkan bukan hantu & segala macam makhluk halus lainnya,,,
tapi yang ku takutkan adalah petir yang sesekali menyambar secara bergantian,,,
ya,,, ku sadar aku berada di tengah hujan,,
media yang paling cepat menghantarkan arus listrik...
aku juga berdiri di tengah-tengah mesin-mesin & besi-besi yang juga media pemanggil petir,,
serta aku berada di lapangan terbuka...!!

jika CBD tak ku tutup,, maka air akan cepat terkuras habis dalam boiler HRSG!!
wah,,, harus cepat ku lakukan demi menyelamatkan boiler serta mesin-mesin penunjang lainnya,,,
karena ku sadar pekerjaanku mengandung resiko yang tinggi serta tanggung jawab yang besar!!




selang beberapa hari,,,
ketika semua mesin benar-benar dingin,, & temperaturnya sudah normal...
pekerjaan lain pun telah menunggu!!
yaitu menutup semua venting, drain, serta valve-valve dishcard & suction menuju LP & HP drum..!!
yapz,,, saatnya menjaga pressure dalam drum agar tak terkontaminasi dengan udara luar,,
dengan cara menginjeksikan Nitrogen kedalamnya...!!


♣♠♣♠♣♠♣♠♣♠♣♠♣♠


trafo pengganti sudah datang tadi malam,,
& masih dalam tahap pengerjaan oleh tim HAR Listrik & Mesin...
Semangat buat semua TIM...
cayo....


Kami doa kan agar ST 1.0 bisa terbang lagi,,
dan menghasilkan listrik bermega-mega watt..!!
Untuk dunia yang lebih terang....!!!
Amiiiiinnnnnnnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar